5 Aplikasi Mobile Banking Terbaik di Indonesia Tahun 2023

5 Aplikasi Mobile Banking Terbaik di Indonesia Tahun 2023

Mobile Banking
Ilustrasi Mobile Banking. (Freepik/Jcomp)

Exatacoin - Perkembangan teknologi berdampak pada hampir seluruh aspek kehidupan dalam masyarakat, sektor perbankan tidak luput dari sentuhan teknologi yang berkembang begitu cepat pada abad ke-21 ini. Salah satunya adalah kehadiran aplikasi Mobile Banking.

Sektor perbankan adalah salah satu sektor yang berkembang seiring dengan perkembangan teknologi, mungkin sebagai anak muda Indonesia yang kekinian kamu sudah tidak asing lagi dengan istilah Financial Technology atau Fintech.

Salah satu perkembangan dari Fintech adalah pemanfaatan teknologi berupa akses internet dalam mempermudah transaksi perbankan modern. Berkat adanya teknologi fintech, ada banyak fitur baru berbasis internet yang bisa kamu dapatkan sebagai nasabah bank pada saat ini.

Diantara layanan perbankan berbasis teknologi yang populer adalah SMS Banking, Internet Banking, dan Mobile Banking. Kini dengan semakin meningkatnya jumlah pengguna smartphone, bank berlomba-lomba untuk menciptakan aplikasi Mobile Banking dengan tampilan dan punya fitur yang menarik.

Apa itu Mobile Banking?

Mobile Banking adalah salah satu fitur perbankan yang akan mempermudah aktifitas kamu dalam bertransaksi dan memantau rekening tanpa harus datang ke bank. Pada saat ini bisa dibilang semua bank nasional yang ada di Indonesia sudah memiliki aplikasi Mobile Banking dengan fitur dan keunggulan masing-masing.

Aplikasi Mobile Banking ini dibuat dengan tujuan memudahkan nasabah untuk melakukan transaksi keuangan secara online melalui smartphone tanpa harus datang ke bank. Aplikasi Mobile Banking juga biasa disingkat M-Banking.

Android dan iOS adalah dua sistem operasi perangkat gadget yang paling populer pada saat ini, oleh karena itu, disamping dapat di akses melalui website, setiap bank diharapkan memiliki aplikasi Mobile Banking yang mendukung kedua sistem operasi ponsel terpopuler tersebut pada saat ini.

Kelebihan Mobile Banking

Layanan Mobile Banking, terutama yang menggunakan media aplikasi memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan sistem perbankan biasa yang mengharuskan kita untuk bolak balik ke bank atau ATM hanya untuk sekedar mengecek saldo atau melakukan pembayaran atau top up.

Aplikasi Mobile Banking mudah diakses kapanpun dan dimanapun, selama ada koneksi internet kamu pasti bisa melakukan transaksi perbankan melalui aplikasi. Tampilan yang sederhana dan fitur yang lengkap juga akan memudahkanmu dalam bertransaksi.

Setiap aplikasi Mobile Banking sudah dilengkapi dengan sistem keamanan berlapis oleh pihak bank, sehingga kamu tidak perlu terlalu khawatir rekening onlinemu akan di bobol oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Selain itu kamu juga bisa menambahkan sistem keamanan pada ponsel seperti password dan sidik jari.

Selain itu aplikasi Mobile Banking juga akan membuatmu bisa menghemat waktu dan biaya yang biasanya dibutuhkan pada saat kamu melakukan transaksi secara tradisinolnal via kantor cabang Bank terdekat di daerahmu.

Terakhir dengan menggunakan aplikasi Mobile Banking kamu tidak perlu lagi melakukan aktifitas membosankan yang namanya antri belasan hingga puluhan menit hanya untuk menunggu giliran melakukan transaksi di mesin ATM atau di kantor cabang terdekat. 

5 Aplikasi Mobile Banking Terbaik di Indonesia

Seperti yang kami singgung diatas, setiap aplikasi Mobile Banking memiliki fitur unik dan kelebihan masing-masing, nah dari sekian banyaknya aplikasi Mobile Banking yang ada, berikut ini 5 aplikasi mobile banking terbaik di Indonesia tahun 2023 yang telah diluncurkan hingga saat ini.

1. Bank Jago (Bank Artos)

Bank Jago adalah sebuah lembaga keuangan yang berkecimpung di ranah jasa keuangan. Dulunya bank ini termasuk dalam perbankan konvensional (Bank Artos) yang melayani masyarakat. Namun seiring berjalannya waktu dan perkembangan dunia, bank ini memasuki era baru dengan bertransformasi dari yang hanya bank konvensional menjadi bank digital. 

Pada saat ini Bank Jago secara resmi sudah terintegrasi dengan aplikasi investasi Bibit sebagai sumber pendanaan dan juga aplikasi ojek online Gojek untuk keperluan top up. Setelah melakukan penghubungan antar aplikasi, pengguna juga bisa melihat secara langsung saldo mereka di kedua aplikasi tersebut pada antarmuka Bank Jago.

Kelebihan utama dari Bank Jago dibandingkan dengan aplikasi mobile banking atau digital banking lainnya adalah adanya fitur gratis transfer hingga 25 kali perbulan ke rekening bank lain dan juga dompet digital seperti Gopay dan Shopeepay, hal ini tidak hanya bermanfaat bagi pengguna biasa namun juga bagi para pelaku UMKM di Indonesia.

2. Jenius (BTPN)

Jenius adalah sebuah aplikasi perbankan digital terbaik dari Bank BTPN. Aplikasi ini membantu penggunanya melakukan aktivitas finansial seperti menabung, bertransaksi, atau mengatur keuangan serta memungkinkan nasabah untuk memiliki rekening bank. Semua dilakukan dari satu tempat, dari ponsel, baik yang berbasis Android maupun iOS.

Tampilannya yang fresh dan fiturnya yang serba digital menjadikan Jenius cocok untuk anak muda. Keunggulan utama dari aplikasi Mobile Banking ini adalah promo gratis biaya transfer ke semua rekening bank yang ada di Indonesia dengan saldo minimal Rp 1 Juta setiap bulannya.

Aplikasi mobile banking yang satu ini tidak memiliki biaya admin bulanan alias gratis, biaya kartu ATM juga tidak ada. Hal ini tentu sangat cocok bagi kamu yang suka atau membutuhkan banyak nomor rekening untuk transaksimu setiap hari.

3. PermataMobile X (Bank Permata)

PermataMobileX merupakan aplikasi mobile banking milik Bank Permata. Aplikasi perbankan ini mempunyai banyak fitur inovatif, salah satunya adalah intip saldo tanpa login. Kamu tidak perlu masuk ke rekening hanya sekedar untuk melihat jumlah saldo terkini.

Dengan menggunakan PermataMobile X pada saat transaksi online kamu juga berpotensi mendapatkan banyak cashback menarik, cashback yang berlimpah ini adalah keunggulan utama dari aplikasi PermataMobile X dari Bank Permata ini.

Tidak harus menunggu lama atau memenuhi syarat yang khusus, pada saat ini jika kamu membuka rekening PermataME kamu akan mendapatkan cashback 50% dengan saldo awal minimal Rp 100.000. Rekening mobile PermataME sendiri juga gratis biaya admin dan kartu bulanan, serta gratis transfer ke semua bank di Indonesia.

4. BCA Mobile Banking (BCA)

Sebagai bank terbesar di Indonesia hingga saat ini Bank BCA juga mempunyai aplikasi mobile banking, aplikasi M-Banking dari Bank BCA dinamakan BCA Mobile. Salah satu fitur unggulan dari BCA Mobile adalah tarik tunai ATM tanpa kartu debit.

Kamu juga bisa menghubungkan kartu kredit dengan BCA Mobile. Dengan begitu kamu bisa melakukan aktivasi kartu, aktivasi PIN dan blokir kartu kredit di aplikasi BCA Mobile tanpa harus datang ke bank. Sebagai bank terbesar Bank BCA juga sering menawarkan promo bagi para penggunanya.

BCA adalah Bank terbesar di Indonesia pada saat ini, jadi kamu pasti akan selalu mendapatkan beragam promo tiap minggu atau bulannya. ATM dan kantor Cabang Bank BCA juga sangat banyak, sehingga kamu juga akan mudah melakukan transaksi secara offline.

5. BNI Mobile (BNI)

BNI Mobile merupakan aplikasi Mobile Banking yang disediakan oleh Bank BNI. Sebagai bank milik pemerintah (BUMN) manajemen Bank BNI juga tidak mau kalah dalam mengembangkan teknologi perbankan mereka ke ranah mobile, bahkan BNI disebut selangkah lebih dulu dibandingkan Bank BUMN terbesar yaitu Bank BRI dalam hal pelayanan mobile banking.

Fitur unggulan dari BNI Mobile adalah pembayaran tagihan yang bisa dijadwal. Fitur-fitur dasar lain seperti cek saldo dan transfer antar bank sudah pasti ada di dalam aplikasi BNI Mobile. Dengan BNI Mobile kamu juga bisa melakukan Top-Up E-Money seperti Link Aja, Gopay, dan OVO.

Sebagai salah satu bank yang merupakan anggota Himpunan Bank Milik Negara (Himbara), BNI sudah dapat dipastikan memiliki kantor cabang dan titik ATM hampir di semua daerah di Indonesia. Jadi kamu bisa tetap bertransaksi ke Bank pada saat akses internetmu sedang ada gangguan.

Pada saat ini dimana berbagai hal terjadi begitu cepat, menggunakan Aplikasi Mobile Banking adalah suatu keharusan, apalagi bagi kamu anak muda yang sangat mendambakan kehidupan yang produktif dan praktis. Menggunakan aplikasi Mobile Banking akan menghemat sangat banyak waktumu yang biasanya tersita karena menunggu antrian untuk melakukan transaksi finansial di ATM atau Bank.

Demikianlah 5 Aplikasi Mobile Banking terbaik di Indonesia Tahun 2023 yang ada hingga saat ini. Setiap aplikasi diatas memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Bagi kamu yang suka mengoleksi kartu debit dari berbagai bank tidak ada salahnya mencoba untuk menggunakan Jenius dan PermataMobile X, karena kedua aplikasi Mobile Banking diatas tidak memiliki biaya bulanan sama sekali.
Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama