Mengenal Bank Jago, Aplikasi Digital Banking Terbaik di Indonesia

Mengenal Bank Jago, Aplikasi Digital Banking Terbaik di Indonesia

Bank Jago
Ilustrasi Bank Jago. (Bank Jago)

Exatacoin
- Dari tahun ketahun perkembangan teknologi terus terjadi dalam berbagai sektor, termasuk dalam sektor keuangan. Jika beberapa tahun yang lalu mobile banking adalah layanan andalan perbankan, kini hadir inovasi terbaru yang dinamakan digital banking.

Jika mobile banking adalah layanan yang disediakan oleh institusi perbankan yang sudah ada, maka digital banking adalah layanan perbankan yang sepenuhnya digital dengan memanfaatkan teknologi internet, itu artinya digital banking tidak memiliki kantor cabang di dunia nyata layaknya bank pada umumnya.

Apa Itu Bank Jago?

Jago (Bank Jago) adalah digital banking (bank digital) yang merupakan transformasi dari Bank Artos, institusi perbankan yang sebelumnya sudah ada di Indonesia. Di tahun 2020 Bank Artos sepenuhnya bertransformasi menjadi bank digital dan kemudian berganti nama menjadi Bank Jago. 

Pada tahun yang sama Gojek melalui layanan keuangan dan pembayaran mereka membeli sebagian saham Bank Jago dan masuk kedalam jajaran pemegang saham terbesar. Pada tahun 2021 GIC Private Limited juga memberikan suntikan dana demi mendukung perkembangan bank digital ini.

Dilansir dari Detik (23/10/2021), ajang CNBC Indonesia Awards 2021 menobatkan Bank Jago sebagai 'The Best Future Banks'. Bank Jago dinobatkan dalam kategori The Best Digital Personal Finance App karena dinilai mampu membangun bank digital murni yang unggul dalam personalisasi layanan keuangan.

Siapa Pemilik Bank Jago?

Pada tahun 2019, perusahaan Bank Artos yang sudah berdiri sejak tahun 1992 diakuisisi oleh mantan direktur utama BTPN, Jerry Ng dan Patrick Sugito Walujo yang merupakan mantan investor BTPN sebelum diakuisisi oleh SMBC.

Pada saat itu mereka berdua masing masing masuk melalui Metamorfosis Ekosistem Indonesia dan Wealth Track Technology Limited, dengan nilai akuisisi sejumlah Rp 243 Miliar dan mewakili 51% modal dasar dan disetor perusahaan.

Sejak Gojek melalui Gopay dan GIC Private Limited masuk menjadi investor, kini kepemilikan terbesar saham Bank Jago dipegang oleh mereka berempat dengan pembagian masing-masing Metamorf (29%), Gopay (21%), Wealth Track Technology (11%), dan GIC private limited sebesar (9%).

Apa Kelebihan Bank Jago?

Bank Jago dinobatkan sebagai aplikasi digital banking terbaik di Indonesia oleh CNBC tentulah bukan tanpa alasan, berikut ini 5 kelebihan utama Bank Jago yang harus anda ketahui.

1. Buka Rekening Mudah

Kelebihan pertama dari Bank Jago adalah proses pembukaan rekening atau akun yang mudah, calon pengguna tidak perlu pergi ke bank untuk melakukan pembukaan rekening atau untuk verifikasi data, semua proses pembukaan akun Bank Jago dilakukan secara online melalui Aplikasi Jago.

Hal ini tentu berbeda dengan beberapa aplikasi perbankan mobile lainnya yang kadang masih mengharuskan untuk datang ke cabang bank terkait demi melakukan verifikasi data ulang sebelum aplikasi mobile banking benar-benar bisa digunakan seutuhnya.

2. Bebas Biaya Admin Bulanan

Bank Jago membebaskan biaya admin bulanan untuk pengguna aplikasi Jago, pengguna tidak perlu khawatir bahwa saldo dalam rekening Jago mereka akan berkurang setiap bulan karena adanya biaya admin yang harus dibayarkan secara rutin setiap bulan.

Fitur semacam ini sebenarnya juga pernah diterapkan oleh beberapa aplikasi mobile banking sebelumnya, namun mereka menetapkan biaya admin beberapa saat setelah aplikasi mobile banking mereka mendapatkan banyak pengguna, semoga hal yang sama tidak terjadi pada Bank Jago.

3. Bebas Biaya Transfer ke Bank Lain

Bank Jago memberikan 25x bebas biaya transfer ke bank lain dalam satu bulan, tidak hanya antar bank namun kuota tersebut juga bisa digunakan untuk top up e-wallet (dompet digital), menariknya lagi pengguna Bank Jago bisa top up Gopay gratis sepuasnya tanpa adanya batasan bulanan.

Bank Jago juga memberikan gratis tarik tunai di ATM bank lain sebanyak 5x dalam sebulan, sangat cocok untuk pengguna yang jarang melakukan penarikan lewat ATM namun tetap tidak mau kena biaya saat melakukan penarikan.

4. Bisa Punya Banyak Kartu Debit Visa

Pengguna Bank Jago bisa melakukan pembuatan kartu debit yang banyak, masing-masing kartu bisa digunakan untuk melakukan pembagian biaya harian agar lebih mudah, hal ini tentu sangat bermanfaat untuk orang yang sibuk dan sering melakukan transaksi perbankan.

Selain itu kartu debit Bank Jago yang sudah dibuat juga tidak perlu dijemput ke cabang bank terdekat, kartu debit pengguna akan diantarkan langsung ke alamat yang tertera pada saat pembukaan kartu debit. Kartu Debit Bank Jago juga bisa dipersonalisasi dengan menggunakan nama sendiri.

5. Bisa Investasi Fleksibel di Kantong Terkunci

Kantong Terkunci adalah fitur investasi dari aplikasi Jago yang memungkinkan pengguna untuk mengunci saldo mereka demi mendapatkan bunga, Bank Jago menawarkan bunga hingga 4% pertahun yang kalau dibandingkan mirip dengan reksadana pasar uang.

Menariknya uang di kantong terkunci ini bisa dicairkan kapan saja setelah terkunci selama 14 hari, penggunapun bisa melakukan top up kapan saja jika mereka ingin menambah saldo di kantong terkunci mereka, fitur ini sangat cocok untuk pengguna yang mau mencoba berinvestasi tanpa ribet.

Demikianlah 5 kelebihan Bank Jago yang membuatnya memang layak untuk dinobatkan sebagai salah satu aplikasi digital banking terbaik di Indonesia. Kelebihan lain dari aplikasi Jago adalah fitur pembayarannya sudah terintegrasi dengan Gojek dan aplikasi investasi Bibit yang membuatnya mudah digunakan oleh kedua pengguna aplikasi tersebut.
Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama