Mengenal Worldcoin, Aset Kripto Baru yang Ingin Pindai Bola Mata Anda

Mengenal Worldcoin, Aset Kripto Baru yang Ingin Pindai Bola Mata Anda

Worldcoin Orb
Ilustrasi Penggunaan Worldcoin Orb. (Worldcoin)

Exatacoin
- Apakah anda bersedia bola mata anda dipindai oleh orang yang tidak dikenal, mungkin sesaat anda berfikir tidak mau, namun bagaimana jika mereka menawarkan anda uang apabila anda mau melakukannya secara sukarela?

Apa Itu Worldcoin?

Dilansir dari CoinDesk (21/10/2021), Worldcoin adalah mata uang digital global baru yang akan diluncurkan dengan memberikan bagian gratis kepada setiap manusia di Bumi, setidaknya begitulah mereka memperkenalkan diri. Proyek ini di inisiasi oleh mantan presiden Y Combinator, Sam Altman.

Koin Worldcoin adalah aset kripto berbasis Ethereum “Lapisan 2” yang memanfaatkan keamanan blockchain Ethereum sambil memiliki ekonomi dan ekosistemnya sendiri. Koin semacam ini sendiri sebenarnya sudah banyak beredar.

Namun yang membuat proyek Worldcoin menarik dan menuai kontroversi adalah cara mereka mendapatkan pengguna dan barisan investor dibelakang mereka. Diantara puluhan investor ada Coinbase, a16z, Three Arrows Capital, dan bahkan CEO sekaligus Founder bursa kripto FTX, Sam Bankman-Fried.

Setelah mendapatkan pendanaan terbaru sebesar 25 juta USD, Perusahaan Worldcoin saat ini bernilai 1 miliar USD. Worldcoin berbasis di Berlin, Jerman, saat ini mereka memiliki sekitar 70 karyawan dan sekitar 30 perangkat Orb.

Janji Bagikan Aset Kripto Secara Gratis

Orb adalah sebuah alat berbentuk bola yang akan digunakan untuk memindai mata orang-orang dengan penawaran mereka akan mendapatkan Worldcoin secara gratis. Sam Altman dalam laman web resmi Worldcoin mengatakan bahwa mereka ingin mendapatkan sebanyak mungkin pengguna dari seluruh dunia dengan metode ini.

Hingga kini mereka sudah mengirimkan perangkat Orb ke total 12 negara. Pada masa awalnya Orb sudah dicoba di lima negara yaitunya Chili, Kenya, Sudan, Prancis, dan Indonesia. Belum ada penjelasan mengapa mereka memilih kelima negara ini namun menariknya Indonesia masuk kedalam satu dari lima negara tersebut. 

Orb dirancang oleh perancang industri Swedia Thomas Meyerhoffer, yang sebelumnya dirancang untuk Apple dan Porsche. Mulai bulan November, Worldcoin berencana untuk meningkatkan produksi hingga 4.000 Orb per bulan, yang rencananya akan dicocokkan dengan Operator Orb di seluruh dunia.

Orb Tuai Banyak Kritik

Perangkat Orb milik Worldcoin sendiri menuai banyak kritik, tidak hanya dikalangan komunitas kripto namun juga oleh para pemerhati privasi dan keamanan. Mata adalah salah satu bagian unik dari tubuh manusia yang mana seringkali digunakan sebagai kunci keamanan pada perangkat elektronik.

Altman sendiri mengatakan bahwa Orb mengutamakan privasi dan keamanan, tidak akan ada data pemindaian bola mata yang akan disimpan, alat ini digunakan hanya untuk melakukan pengecekan apakah anda sudah pernah mendapatkan koin Worldcoin secara gratis atau belum, yang mana kebenarannya sendiri masih belum terbukti.

Menurut Worldcoin sudah ada 130.000 orang diseluruh dunia yang sudah menatap bola misterius ini, mereka dijanjikan akan mendapatkan Worldcoin dengan nilai 10-200 USD tergantung seberapa awal bola mata mereka dipindai. 

Worldcoin menargetkan 1 miliar pengguna pada tahun 2023 yang mana membuat proyek ini terlihat begitu ambisius. Kenyataannya Worldcoin sendiri nantinya juga bisa didapatkan tanpa harus melakukan pemindaian bola mata, yaitu dengan cara membelinya. 
Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama