Mengenal CGI, Teknologi yang Bikin Film Avengers Keren Abis

Mengenal CGI, Teknologi yang Bikin Film Avengers Keren Abis

Thanos
Ilustrasi Thanos. (VFXHighlight)

Exatacoin - Kamu pernah gak sih berfikir bagaimana robot bisa hadir didalam sebuah film, atau bagaimana seorang manusia biasa bisa terbang bahkan melakukan teleportasi? nah kehadiran robot dan kejadian-kejadian menakjubkan didalam film itu sebagian besarnya tidaklah nyata, melainkan dibuat dengan bantuan program yang dinamakan Computer-Generated Imagery (CGI).

Apa itu CGI?

Dilansir dari TechTarget (12/06/2019), CGI atau didalam bahasa Indonesia disebut dengan "pencitraan yang dihasilkan komputer" adalah penggunaan grafik, atau spesifiknya grafik 3 Dimensi (3D) yang dibuat dengan program atau aplikasi yang kemudian ditampilkan dan disingkronkan dengan sebuah scene.

CGI sebenarnya bisa kita lihat dalam berbagai tayangan ditelevisi, seperti pada program berita, iklan, dan sinetron, namun CGI dalam program acara televisi biasanya menggunakan visualisasi yang sederhana, selain alasan budget yang lebih murah, kegunaannya yang hanya sebagai pelengkap semata juga menjadi penyebabnya.

CGI pada film, khusnya film-film buatan Hollywood adalah jenis CGI yang lebih tinggi, CGI umumnya dibuat agar tampak serealistis mungkin, tujuaanya ya untuk memukau penonton dan agar film terlihat lebih sempurna.

Bahkan sebuah scene dengan menggunakan CGI didalam sebuah film bisa menghabiskan biaya yang lebih besar dari bayaran seorang aktor untuk proses pembuatannya sampil bisa ditampilkan dilayar sinema.

Didalam sebuah film, CGI biasanya adalah scene atau objek yang tidak bisa dibuat oleh manusia secara fisik, namun terkadang CGI juga digunakan untuk membuat scene yang rumit atau tidak memungkinkan dibuat pada lingkungan yang nyata, misalnya adengan peperangan ditengah kota.

CGI Avenger: End Game yang Menipu Mata

Pada awal kemunculannya CGI masih terlihat kaku dan tidak nyata, sangat mudah bagi kita untuk membedakan mana bagian film yang dibuat dengan sentuhan CGI dan mana yang nyata, namun seiring dengan perkembangannya CGI tampak semakin realistis.

Kita sadari atau tidak, sebagian besar adegan yang ada didalam film Avenger: End Game dibuat menggunakan CGI, terutama adegan perang global, dan bahkan Thanos sendiri sejatinya adalah karakter buatan CGI.

CGI didalam film-film besutan marvel memang terus membaik, dan CGI pada seri Avenger dari awal sampai saat ini terus mengalami penyempurnaan, bahkan jika kita menonton dalam format kualitas tinggi sekalipun kita akan kesulitan menentukan apakah sebuah adegan dibumbui CGI atau bukan jika hanya dilihat dengan mata saja.

Jika kita ingin mengetahui bagaimana sebenarnya film Avenger: End Game dibuat, kita bisa menonton behind the scene nya, kita bisa menemukan videonya di YouTube, dan terkadang juga diselipkan didalam DVD Blueray yang dijual oleh Marvel Enterntainment.

Ada banyak juga bocoran foto before dan after sebuah scene, kita bisa melihat bagaimana kondisi pembuatan film yang dikelilingi oleh Green Screen, ya penerapan CGI didalam pembuatan film pada saat ini lebih mudah berkat bantuan teknologi Green Screen ini, dimana seluruh bagian warna hijau tersebut akan digantikan dengan CGI pada saat diproduksi menjadi sebuah film.

Iron Man, CGI Marvel yang Memukau Dunia

Marvel mendapatkan banyak pujian sejak awal mereka merilis film superhero Iron Man dengan menggunakan efek CGI, Iron Suit yang ditampilkan terlihat lebih modern dan juga keren, sejak saat itu film-film superhero Marvel Studio terus menjadi sorotan.

Hulk adalah karakter superhero pertama yang dihadirkan dalam seri movie Avenger yang dibuat dengan menggunakan teknologi Full CGI, dimana karakter ini tidaklah nyata dan keseluruhan adegan Hulk mengamuk adalah hasil dari CGI.

Avenger: End Game adalah akhir dari fase Avenger sejak Iron Man memimpin hingga akhirnya ia meninggal dunia, semoga saja fase berikutnya dari film superhero terbaik ini akan menampilkan efek CGI yang lebih keren lagi.

Funfact, Avatar adalah film CGI pertama yang sukses menjadi film Full CGI yang berhasil menjadi film nomor 1 di dunia, dan seperti yang kita tau film Avenger: End Game berhasil mengalahkan rekor tersebut dengan menjadi film dengan penayangan perdana terlaris sepanjang masa.

Kita juga berharap agar film-film Indonesia jika memang diperlukan akan menggunakan CGI yang lebih baik kedepannya, semoga saja industri perfilman dengan efek visual di Indonesia semakin maju dan dapat bersaing dengan film-film CGI Internasional.
Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama