5 Aplikasi Dompet Digital Terbaik di Indonesia

5 Aplikasi Dompet Digital Terbaik di Indonesia

Dompet Digital
Ilustrasi Transaksi Pakai Dompet Digital. (Freepik/Fanjianhua)

Exatacoin
 - Teknologi yang semakin pesat berkembang membuat semua urusan manusia menjadi semakin praktis dan mudah. Kita sekarang tak ingin repot, segala hal dapat kita lakukan dengan smartphone yang kita miliki. Kita bisa melakukan apapun dengan smartphone, termasuk keperluan transaksi atau Finansial.

Jika dulu kamu ingin membeli sesuatu masih harus membawa uang fisik kemana-mana. Sekarang kamu hanya perlu membawa smartphone dan mengunduh dompet digital, setelah itu kamu bisa membeli atau melakukan transaksi apapun dengan mudah, tanpa haru keluar rumah tanpa harus menyiapkan uang tunai.

Mungkin kamu sudah tau atau familiar dengan Mobile Banking atau Internet Banking, dimana kamu bisa melakukan transaksi perbankan melalui ponsel atau situs tanpa harus datang langsung ke bank atau ATM. Namun tahukah kamu ada yang lebih unggul dan menguntugkan dibandingkan aplikasi Mobile Banking?

Apa itu Dompet Digital?

Dompet Digital adalah inovasi baru dalam dunia teknologi finansial, dimana untuk menggunakannya kamu tidak harus memiliki sebuah rekening bank, sehingga Dompet Digital bisa digunakan siapa saja dan dari golongan usia apapun, asal saldo kamu mencukupi maka Dompet Digital milikmu bisa segera digunakan untuk bertransaksi.

Persyaratan untuk membuat sebuah dompet digital tidaklah sulit, kamu hanya harus menyiapkan kartu operator yang aktif sebagai identitas untuk dompet digital milikmu, kemudian untuk mendapatkan fitur penuh kamu hanya perlu melengkapi data dengan mengupload informasi kartu tanda penduduk.

Dompet digital adalah layanan atau sistem pembayaran mobile terbaru yang sudah mendapatkan izin penyelenggaraan uang elektronik dari pemerintah, namun tidak semua aplikasi dompet digital mengantongi izin resmi dari Bank Indonesia, oleh karena itu kamu harus bijak dalam memilihnya sebelum dipakai.

Kelebihan Dompet Digital

Setiap Dompet Digital memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, namun secara umum dompet digital memiliki fitur yang tidak kalah dengan rekening bank, bahkan ada yang lebih banyak seperti adanya menu-menu Top Up yang mudah di akses.

Kelebihan lain dari dompet digital adalah (hingga kini) tidak adanya kebijakan untuk melakukan penutupan jika kamu tidak aktif melakukan transaksi melalui dompet digital layaknya penutupan rekening pasif pada layanan perbankan.

Para pembuat Dompet Digital menyasar kamu yang tidak suka sedikit-sedikit harus ke bank, sedikit-sedikit harus ke ATM, semua transaksi bisa kamu lakukan hanya menggunakan telunjuk jari pada ponsel milikmu, biaya admin yang ditawarkan juga lebih kecil dari membayar langsung di bank, ATM atau bahkan Mobile Banking sekalipun.

5 Aplikasi Dompet Digital Terbaik di Indonesia

Namun seperti kita ketahui bersama, dimana ada hal positif pasti selalu dibayangi hal negatif, begitu juga dalam dunia Dompet Digital, diluar sana ada banyak orang atau pihak tidak bertanggung jawab yang menawarkan Dompet Digital palsu yang tujuannya digunakan untuk menipu penggunanya.

Dompet Digital yang aman adalah yang jelas siapa pembuatnya, apakah terdaftar atau tidak, dan apakah memiliki sistem keamanan yang mumpuni atau tidak, terutama dari serangan pembobol data pengguna di Internet. Keamanan dan Kenyamanan adalah dua hal yang harus kamu utamakan dalam memilih aplikasi Dompet Digital yang baik, yang lainnya adalah besaran biaya admin.

Namun kamu tidak perlu khawatir, bagi kamu yang sedang tertarik untuk mulai menggunakan Dompet Digital, berikut ini kami rekomendasikan lima layanan dompet digital terbaik yang dapat kamu coba dan kamu pilih mana yang terbaik sesuai dengan kebutuhanmu.

1. Dana

Dana adalah aplikasi dompet digital terbaik yang memiliki fitur paling lengkap hingga saat ini. Dompet digital yang satu ini bisa dibilang lengkap. Kita bisa bayar listrik, beli pulsa, bayar tagihan, dan bayar BPJS. Aplikasi Dana juga sudah bekerjasama dengan marketplace bukalapak, sehingga kita bisa transaksi di bukalapak dengan mudah. Selain itu Dana juga bekerjasama dengan samsung pay dan KFC.

Selain mendukung pemayaran toko online, Dana juga bisa digunakan untuk toko konvensional. Dan jika kamu tidak mau ribet, Dana menyediakan fitur scan QR Code untuk transaksi yang lebih cepat. Dompet Digital yang satu ini akan sangat berguna baik secara online maupun offline jika kamu hidup diperkotaan.

Menariknya Dana hampir setiap bulan selalu memberikan gratis penarikan ke rekening manapun, jadi kamu bisa menarik saldo Dana tanpa harus menghkawatirkan besaran biaya Admin. Gratis biaya Admin ini membuat banyak sekali pengguna dompet digital yang memilih Dana sebagai dompet digital andalan mereka.

2. OVO

Aplikasi yang satu ini banyak sekali digunakan oleh toko, warung makan, restoran, maupun penyedia jasa di Indonesia. OVO juga menjalin kemitraan ekslusif dengan beberapa merek besar. OVO sering kali memberikan banyak promo diskon maupun cashback kepada penggunanya. Aplikasi Dompet Digital ini juga merupakan salah satu Dompet Digital yang paling sering melakukan promosi.

Salah satu keunggulan OVO adalah adanya program bonus poin, kamu akan mendapatkan bonus poin jika berbelanja di mitra OVO, poin ini sendiri dapat dkamu gunakan untuk berbelanja kembali melalui mitra mereka. Selain itu OVO juga telah terintegrasi dengan layanan ojek online Grab, jadi kamu bisa melakukan pembayaran dalam aplikasi ini dengan mudah jika kamu menggunakannya. Kamu juga bisa melakukan Donasi via aplikasi OVO.

Namun tidak sampai disitu saja, hingga kini OVO terus mengembangkan layanan mereka dengan menjalin kerjasama dengan banyak merchant populer dalam penyediaan layanan pembayaran via QR Code, OVO bisa dibilang salah satu saingan terberat GoPay dalam menyediakan layanan pembayaran merchant via dompet digital.

3. GoPay

GoPay adalah dompet digital paling populer di Indonesia pada saat ini . Selain merupakan alat pembayaran dari semua layanan Gojek. Gopay kini telah bertransformasi sehingga juga bisa digunakan untuk membayar kebutuhan lain, seperti listrik, air , internet, pulsa, dan cicilan. Gopay saat ini menjadi dompet digital terbesar di Indonesia dengan lebih dari sepuluh juta kali download.

GoPay juga telah memiliki fitur QR Code layaknya Dompet Digital DANA, sehingga kamu bisa melakukan transaksi di mitra GoPay tanpa harus melakukan pembayaran secara langsung dengan hanya mengandalkan scan pada QR Code yang disediakan. Enaknya menggunakan GoPay adalah fiturnya yang sudah terintegrasi didalam aplikasi GoJek, layanan trasnportasi online terbesar pada saat ini.

GoPay menjadi idola karena ada sangat banyak merchant yang sudah bekerjasama dengan menyediakan layanan pembayaran menggunakan Gopay, hanya dengan memanfaatkan QR Code kamu bisa membayar pesanan pada saat makan atau minum di merchant favoritmu.

4. LinkAja

LinkAja adalah rebrand atau pembaharuan dari T-Cash, layanan pembayaran mobile dari operator terbesar di Indonesia, yaitu Telkomsel. Jadi LinkAja tidak bisa dikatakan benar-benar baru, karena semua pengguna lama T-Cash secara otomatis akan dialihkan sebagai pengguna LinkAja.

LinkAja adalah dompet digital yang memiliki keunggulan pada fitur pembayaran kebutuhan rumah, seperti pembayaran tagihan air, listsrik, transportasi online dan lain sebagainya. Aplikasi dompet digital ini juga menyediakan fitur isi pulsa dan paket data.

Hal menarik dari dompet digital buatan perusahaan BUMN ini adalah adanya beragam promo dan bebas biaya saat melakukan Top Up maupun melakukan transfer ke semua rekening yang tergabung kedalam Himpunan Bank Milik Negara (Himbara), yaitu bank-bank BUMN seperti BRI, BNI dan Bank Mandiri.

5. Jenius

Jenius lebih mirip tabungan online, tapi bukan konvensional karena kita dapat mengatur akun dan bertransaksi melalui aplikasi. Jenius memberikan bonus awal untuk pengguna tanpa harus memiliki saldo awal. Jenius juga memberikan bonus untuk kamu yang berhasil mengajak temanmu untuk ikutan bergabung.

Di Jenius kamu diberikan fitur gratis untuk membuat beberapa kartu debit virtual yang bisa kamu atur sendiri limitnya, sehingga aman untuk transaksi online tanpa harus khawatir danamu disedot jika tempat kamu menyimpan kartu mengalami kebocoran data. Untuk top up kartu virtual sendiri bisa menggunakan saldo dari akun utamamu.

Keunggulan dari Jenius yang paling dilirik pengguna adalah adanya fitur gratis transfer hingga 25 kali dalam sebulan dan gratis tarik uang melalui ATM 25 kali dalam sebulan melalui bank apapun, namun ada syarat saldo minimal yang harus dipenuhi.

Kami ingatkan kembali agar kamu selalu mengunduh aplikasi Dompet Digital melalui toko aplikasi resmi seperti Google Play di Android dan App Store di iOS, pastikan juga keamanan akun Dompet Digital milikmu dengan password yang kuat dan terakhir kami menyarankan kamu untuk tidak mengakses Dompet Digital melalui jaringan Wifi publik karena rawan pembobolan.

Demikianlah 5 aplikasi dompet digital terbaik yang kami rekomendasikan untuk kamu. Semoga pilihan dompet digital diatas dapat menjadi opsi bagi kamu yang ingin mendapatkan kemudahan dan beragam promo serta cashback dalam bertransaksi secara digital.
Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama