Mengenal Apa itu ChatGPT dan Kegunaannya

Mengenal Apa itu ChatGPT dan Kegunaannya

Open AI ChatGPT
Open AI ChatGPT (Open AI)

Exatacoin - Beberapa waktu belakangan ini topik seputar kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) viral dan menjadi bahan perbincangan banyak orang di berbagai media sosial seperti Instagram, Tiktok dan Twitter, salah satunya adalah ChatGPT. Lalu apa itu ChatGPT dan apa kegunaannya? 

Apa itu AI?

Kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) adalah simulasi dari kecerdasan yang dimiliki oleh manusia yang kemudian dimodelkan di dalam mesin dan diprogram agar bisa berpikir layaknya manusia pada umumnya. Menurut Mc Leod dan Schell, kecerdasan buatan adalah aktivitas penyediaan mesin seperti komputer dengan kemampuan untuk menampilkan perilaku yang dianggap sama cerdasnya dengan jika kemampuan tersebut ditampilkan oleh manusia.

Singkatnya AI adalah model kecerdasan buatan yang ditanamkan didalam program yang dibuat dengan tujuan tertentu sesuai dengan kemauan pembuatnya. Ada beberapa pendapat yang menyatakan bahwa dimasa depan sebagian besar pekerjaan spesifik dan sederhana yang sebelumnya dikerjakan oleh manusia seperti memasak, bersih-bersih, menghdangkan makanan dan sejenisnya akan digantikan oleh AI. Bahkan melihat perkembangannya akan ada lebih banyak jenis pekerjaan yang mungkin akan digantikan oleh robot berbasis AI.

Apa itu ChatGPT?

ChatGPT adalah sebuah chatbot berbasis AI yang diluncurkan oleh Open AI, sebuah perusahaan pengembangan dan peluncuran AI asal Amerika pada November 2022. ChatGPT dibangun diatas model GPT-3 dari Open AI yang menghasilkan model bahasa generatif yang menggunakan teknologi transformer untuk memprediksi probabilitas kalimat atau kata berikutnya dalam suatu percakapan ataupun perintah teks. 

Generative Pre-trained Transformer 3 (GPT-3) sendiri adalah model bahasa autoregresif yang dirilis pada tahun 2020. model ini menggunakan pembelajaran mendalam untuk menghasilkan teks mirip manusia. Pengguna hanya perlu menuliskan prompt diawal dan model ini akan menghasilkan teks yang melanjutkan prompt dengan tujuan memberikan penjelasan atau jawaban dari prompt awal.

Kegunaan ChatGPT

ChatGPT adalah chatbot AI yang memiliki kemampuan yang cukup cerdas, tidak hanya mampu memberikan jawaban singkat untuk prompt sederhana namun AI ini juga mampu menuliskan jawaban yang panjang tergantung dari prompt yang dituliskan pengguna. Semakin detail prompt yang ditulisan maka akan semakin jelas juga jawaban dari ChatGPT. ChatGPT sendiri juga dapat menulis konten seperti artikel, puisi, tutorial hingga menulis penjelasan yang panjang dari suatu istilah. 

Cukup disayangkan hingga saaat ini jawaban dari ChatGPT masih terbatas karena sumber utama dari jawaban-jawaban AI ChatGPT adalah data dan informasi yang telah dikumpulkan sebelumnya. Namun terlepas dari keterbatasannya ChatGPT masih bisa dikatakan sebagai chatbot AI yang paling populer pada saat ini, pada akhir tahun 2022 ChatGPT sudah bisa menarik minat banyak orang hingga mencapai puluhan juta pengguna, hingga tahun 2023 ini dikabarkan ChatGPT sudah memiliki pengguna aktif bulanan lebih dari 100 juta. 

Kepopuleran ChatGPT membuat berbagai perusahaan teknologi raksasa dunia ikut mulai berinvestasi pada pengembangan dan perusahaan AI, termasuk Microsoft. Setelah sebelumnya sempat berinvestasi, Microsoft dikabarkan telah menambah investasi sebesar 10 miliar USD di Open AI yang mana ini membuatnya menjadi pemilik 49% saham dari perusahaan AI tersebut. Microsoft sendiri pada saat ini juga sedang mengembangkan AI buatan mereka sendiri yang di integrasikan dengan mesin pencari Bing.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama