Mengenal Apa itu Bitcoin ETF dan Dampaknya Terhadap Harga Bitcoin

Mengenal Apa itu Bitcoin ETF dan Dampaknya Terhadap Harga Bitcoin

Bitcoin ETF
Ilustrasi Bitcoin ETF. (Bitcoinmarketjournal)

Exatacoin - Belakangan ini Bitcoin ETF kembali menjadi topik perbincangan, khususnya dikalangan trader dan para investor aset kripto di Amerika Serikat. Banyak yang meyakini bahwa kehadiran Bitcoin ETF akan membuat harga Bitcoin naik, namun benarkah demikian?

Apa itu ETF?

Menurut Bursa Efek Indonesia, Exchange-traded Fund (ETF) adalah Reksa Dana berbentuk Kontrak Investasi Kolektif yang unit penyertaannya diperdagangkan di Bursa Efek. Meskipun ETF pada dasarnya adalah reksadana, produk ini diperdagangkan seperti saham-saham yang ada di bursa efek. ETF merupakan penggabungan antara unsur reksadana dalam hal pengelolaan dana dengan mekanisme saham dalam hal transaksi jual maupun beli.

Sementara itu Securities and Exchange Commission (SEC) Amerika Serikat mengklasifikasikan sebagai sekuritas dan bisa melacak pergerakan suatu investasi. ETF membuat investor tetap bisa mendapatkan eksposur tanpa harus memiliki atau membeli asetnya secara langsung.

Sederhananya ETF merupakan sarana investasi, mirip dengan saham, yang bergerak sesuai dengan nilai aset dasar mereka, jika nilai aset dasar naik maka nilai sebuah ETF juga akan baik, begitupun sebaliknya.

Apa itu Bitcoin ETF?

Bitcoin ETF adalah instrumen investasi dimana investor bisa mendapatkan eksposur terhadap Bitcoin tanpa harus membeli asetnya secara langsung, Bitcoin ETF juga secara tidak langsung akan membuat Bitcoin bisa diperdagangkan di lantai bursa.

Kehadiran Bitcoin ETF juga akan menghilangkan kekhawatiran investor terhadap keamanan aset yang mereka pegang. Selama ini masih banyak investor yang ragu apakah mereka benar-benar bisa menjaga wallet Bitcoin mereka dari peretasan dan pencurian.

Sebelumnya sudah ada banyak percobaan pengajuan Bitcoin ETF, namun masih belum ada yang lolos. Pada Agustus 2018 lalu SEC telah menolak dua pengajuan Bitcoin ETF untuk beroperasi pada New York Stock Exchange’s Arca (NYSE Arca).

Dampak Bitcoin ETF Terhadap Harga Bitcoin

Banyak yang menyakini bahwa persetujuan Bitcoin ETF akan membuat harga Bitcoin kembali naik, salah satu alasannya adalah melihat sejarah bahwa Gold ETF membuat emas mengalami bullrun, hal serupa mungkin saja terjadi mengingat Bitcoin disebut sebagai emas digital.

Hal lain yang membuat para investor yakin bahwa Bitcoin ETF akan membuat harga Bitcoin naik adalah bahwa kemungkinan institusi akan terus melakukan pembelian Bitcoin agar harga Bitcoin ETF ikut naik dan menarik lebih banyak investor.

Namun meski banyak yang meyakini bahwa Bitcoin ETF akan berdampak positif terhadap harga Bitcoin, ada juga yang berfikir bahwa Bitcoin ETF akan membuat volatilitas Bitcoin akan semakin tinggi dalam timeframe rendah, hal ini karena Bitcoin ETF memungkinkan investor untuk melakukan short selling demi mendapatkan keuntungan.

Terlepas dari baik atau buruknya dampak Bitcoin ETF terhadap harga Bitcoin, kehadiran Bitcoin ETF sendiri banyak dinantikan karena dinilai akan membantu percepatan adopsi aset kripto oleh investor dan institusi.
Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama