Tokocrypto Mempertimbangkan IPO, Ingin Mengikuti Jejak Coinbase?

Tokocrypto Mempertimbangkan IPO, Ingin Mengikuti Jejak Coinbase?


Coinbase Logo
Ilustrasi Coinbase Logo. (CNBCIndonesia)

Exatacoin
- Dalam artikel terbaru yang dirilis oleh DealStreetAsia disebutkan bahwa atmosfir kripto sedang memanas di Indonesia, setelah bursa kripto Luno mempertimbangkan posisi mereka di Asia Tenggara kini Tokocrypto dikabarkan juga sedang mempertimbangkan untuk melakukan penawaran umum perdana (IPO). 

Meski belum ada press release atau penjelasan lebih lanjut dari pihak Tokocrypto namun kabar ini mungkin saja benar mengingat Tokocrypto adalah bursa kripto terbesar di Indonesia pada saat ini. Kesuksesan Coinbase melantai di bursa Nasdaq mungkin juga menjadi pemicu lahirnya ide Tokocrypto untuk mengikuti langkah serupa di Indonesia.

"Onwards to make crypto mainstream in Indonesia." demikian cuitan dari Pang Xue kai, Founder sekaligus CEO Tokocrypto di akun twitter miliknya @pangxuekai.

Dikutip dari CNBC Indonesia (01/06/2021), Coinbase menjadi perusahaan berbasis kripto pertama yang melantai di bursa saham Amerika Serikat dengan kode saham COIN, perusahaan yang didirikan pada tahun 2012 ini hingga saat ini telah memiliki lebih dari 56 juta pengguna dan menjadikannya sebagai bursa kripto paling populer di AS.

Sementara itu berdasarkan panduan IPO yang dirilis oleh Bursa Efek Indonesia ada 5 hal yang harus dipersiapkan oleh perusahaan yang ingin melantai di pasar saham Indonesia: 
  1. Pembentukan tim IPO internal 
  2. Pertimbangan awal 
  3. Penunjukan profesional Eksternal 
  4. RUPS dan perubahan anggaran dasar 
  5. Mempersiapkan dokumen 

Tokocrypto sendiri mengalami perkembangan yang sangat cepat setelah di akuisisi oleh bursa kripto global Binance, perusahaan yang dimulai pada tahun 2018 ini sebelumnya juga berhasil mendapatkan pendanaan dari QCP Capital. Founder sekaligus CEO Binance Changpeng Zhao mengatakan bahwa Indonesia memiliki peranan penting dalam perkembangan blockchain dan kripto di Asia Tenggara. 

Sejauh ini Indonesia memang menjadi salah satu negara yang paling terbuka terhadap perkembangan teknologi blockchain dan perdagangan aset kripto, bahkan belum lama ini Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi memastikan bahwa pada akhir tahun ini pemerintah akan segera meresmikan bursa aset kripto dan semua perangkat pendukungnya.
Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama