Mengenal BIDR, Rupiah Digital Terbaik di Indonesia

Mengenal BIDR, Rupiah Digital Terbaik di Indonesia

CEO dan COO Tokocrypto
CEO dan COO Tokocrypto. (Tokocrypto)

Exatacoin - Mata uang kripto atau di Indonesia disebut aset kripto memiliki beberapa jenis salah satunya adalah stablecoin. Stablecoin adalah jenis aset kripto yang dirancang untuk memiliki nilai yang sama dengan uang fiat, salah satu tujuan dibuatnya stablecoin adalah agar proses transfer uang bisa dilakukan dengan lebih cepat, mudah, murah dan aman.

Apa itu BIDR?

Binance, platform perdagangan aset kripto terbesar di dunia bekerjasama dengan Tokocrypto, meluncurkan Binance Rupiah (BIDR). BIDR adalah stablecoin yang diterbitkan oleh PT Rupiah Digital Indonesia dan didukung oleh mata uang Rupiah, sebagai stablecoin harga setiap BIDR bernilai 1:1 dengan Rupiah Indonesia.

Pada saat ini BIDR bisa didapatkan dengan melakukan deposit channel fiat di Tokocrypto.com, situs jual beli aset kripto terbesar di Indonesia. Sebagai sebuah perusahaan yang bergerak dibidang industri digital, Tokocrypto sendiri sudah diregulasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI), jadi keberadaannya sudah mendapatkan izin dan legal di Indonesia.

Selain melalui deposit fiat, BIDR juga bisa didapatkan dengan melakukan perdagangan dengan berbagai macam pair stablecoin yang ada di Tokocrypto, seperti BUSD/BIDR, BNB/BIDR, USDT/BIDR hingga dengan beberapa aset kripto populer lainnya seperti BTC/BIDR dan ETH/BIDR.

BIDR juga bisa didapatkan dengan melakukan perdagangan pair yang sama dengan yang ada di Binance.com, hal ini karena Tokocrypto memang bekerjasama dengan Binance dalam hal liquiditas, jadi pada dasarnya pasar yang ada di Tokocrypto berhubungan langsung dengan pasar yang ada di Binance, khususnya untuk pair BIDR.

Kelebihan dan Kekurangan BIDR 

Sebagai Rupiah Digital Terbaik di Indonesia yang dibangun diatas teknologi blockchain BIDR memiliki segudang kelebihan, selain bisa ditransfer dengan mudah dan cepat, biaya pengiriman BIDR antar pengguna juga membutuhkan biaya yang lebih sedikit dibandingkan dengan biaya transfer yang ada di berbagai bank di Indonesia.

BIDR juga bisa didapatkan meski kita sedang berada di luar negeri, hal yang sama berlaku sebaliknya, pengguna bisa mengirimkan uang ke keluarga, kerabat atau teman yang ada di Indonesia dengan cara membeli stablecoin BIDR di negara mereka saat ini dan mengirimkannya ke alamat pengguna yang mereka tuju di Indonesia dengan biaya yang murah dan proses yang cepat dan aman.

Masih banyak kelebihan lain dari BIDR, apalagi jika srbalecoin ini sudah bisa digunakan di pasar yang lebih luas. Namun diantara kelebihan yang dimiliki, BIDR juga memiliki beberapa kekurangan, seperti belum banyak digunakan untuk transaksi jual beli di dunia nyata, masih terbatasnya jumlah yang bisa di transfer hingga masalah perawatan sistem yang belum terjadwal.

Kekurangan-kekurangan yang ada pada BIDR ini seiring waktu pasti dapat teratasi, sebagai Rupiah Digital yang dibangun diatas teknologi yang terbaru, bukan tidak mungkin dalam beberapa tahun kedepan BIDR akan menjadi salah satu Rupiah Digital yang posisinya setara dan memiliki jumlah pengguna yang sama dengan pengguna Mobile Banking, Internet Banking, atau bahkan dompet digital populer seperti DANA, OVO dan GOPAY.

Blockchain adalah teknologi baru yang masih dalam tahap adaptasi dan pengembangan, layaknya Internet yang awal kehadirannya tidak begitu populer, para pakar dan pendukung teknologi blockchain percaya bahwa blockchain adalah teknologi masa depan yang akan membuat hidup para penggunanya menjadi lebih mudah dan efisien.
Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama