5 Bisnis Online yang Cocok untuk Ibu Rumah Tangga

5 Bisnis Online yang Cocok untuk Ibu Rumah Tangga

Ilustrasi Ibu Bekerja
Ilustrasi Ibu Bekerja. (Freepik)

Exatacoin
- Siapa bilang menjadi seorang ibu hanya akan berurusan dengan dapur, sumur dan kasur, pada jaman modern seperti saat ini, menjadi seorang ibu bukan berati tidak bisa lagi berkarya dan mendapatkan penghasilan tambahan untuk keluarga.

Berkat perkembangan teknologi hadirlah model bisnis baru yang disebut dengan bisnis online, bisnis online adalah bisnis yang bisa dilakukan hanya dengan mengandalkan teknologi yaitunya internet, dengan memanfaatkan internet ibu bisa berbisnis dimana saja dan kapan saja.

Apa itu Bisnis Online?

Bisnis Online berasal dari gabungan dua kata, yaitu kata ‘bisnis’ dan ‘online’. Bisnis adalah suatu usaha menjual barang atau jasa yang dilakukan oleh perorangan, sekelompok orang atau sebuah organisasi kepada masyarakat sebagai calon konsumen dengan tujuan utama untuk memperoleh keuntungan atau laba (profit).

Online sendiri adalah kondisi dimana kita sedang terkoneksi kedalam jaringan dengan memanfaatkan jaringan atau akses internet. Kamu pasti sudah sering melihat kata yang satu ini pada status yang ada di media sosial atau aplikasi chatting.

Bisnis Online adalah suatu usaha yang dilakukan untuk menawarkan barang atau jasa, baik berbentuk fisik atau digital kepada warganet sebagai calon konsumen dengan memanfaatkan koneksi internet guna menjangkau area dan target yang lebih luas dengan tujuan akhir untuk mendapatkan keuntungan atau laba secara maksimal.

5 Bisnis Online yang Bisa Dikerjakan dari Rumah

Ada banyak jenis bisnis online, mulai dari yang harus menyiapkan modal awal hingga yang hanya bermodalkan akses internet saja, nah berikut ini 5 bisnis online yang bisa dilakukan oleh seorang ibu rumah tangga tanpa harus keluar rumah.

1. Berjualan Online

Dengan memanfaatkan internet seorang ibu bisa mulai berjualan tanpa harus keluar rumah, mulai dari proses promosi, transaksi hingga distribusi, semua bisa dilakukan secara online tanpa harus keluar rumah.

Contoh bisnis online dengan cara berjualan yang bisa dilakukan dengan mudah adalah berjualan produk keperluan sehari-hari hingga keperluan sesama ibu seperti berjualan jilbab, parfum, perlengkapan dan beda bayi, hingga berjualan produk makanan seperti kue, oleh-oleh dan produk khas lainnya.

Untuk mulai berjualan online ada beberapa hal yang harus ibu siapkan, pertama ideo dan produk yang akan dijual, kedua sistem pembayaran, dan ketiga sistem pengiriman, namun ibu tidak perlu khawatir karena dengan memanfaatkan internet maka ibu bisa melakukan semuanya dari rumah.

2. Pemasaran Online

Jika berjualan ibu harus menyiapkan produk, maka pemasaran online adalah kegiatan bisnis dimana ibu hanya perlu untuk memasarkan produk orang atau pihak lain, mirip dengan sales namun semuanya dilakukan secara online.

Kelebihan dari menjadi seorang pemasar adalah ibu tidak harus memiliki modal awal ataupun harus memiliki stok produk secara langsung, mulai dari pemaketan hingga pengiriman akan diurus oleh pihak penjual.

Hal yang harus ibu perhatikan pada saat memutuskan menjadi seorang pemasar online adalah berapa persen komisi yang akan diberikan, serta adakah biaya yang harus dibayar, hati-hati juga dengan penjual gadungan, pihak penjual biasanya tidak akan meminta biaya besar kepada orang yang akan menjadi pemasar produk mereka,

3. Penulisan Online

Bisnis online lain yang bisa ibu lakukan dari rumah adalah menjadi seorang penulis online atau blogger, informasi, data dan pengalaman adalah sesuatu yang sangat berharga pada saat ini. Ibu bisa mendaftar menjadi seorang penulis sesui dengan minat dan bakat pada berbagai platform online yang membayar.

Ibu juga bisa membuat blog sendiri dan mulai menulis, namun akan butuh waktu hingga blog ibu dikenal banyak orang dan mulai mendapatkan pembaca setia. Setelah mendapatkan pembaca ibu bisa mendaftarkan blog untuk menjadi seorang pengiklan.

Google AdSense adalah salah satu platform periklanan yang paling populer dan paling menjanjikan pada saat ini untuk seorang blogger. Ibu akan mendapatkan uang dari kunjungan yang dilakukan oleh pembaca blog.

Ibu akan mendapatkan uang lebih banyak jika ada yang mengklik iklan yang tampil pada blog ibu, namun jangan arahkan orang lain untuk klik iklan secara sengaja, agar akun ibu tidak diblokir karena tindakan ini sangat dilarang oleh platform periklanan manapun.

4. Survei Online

Cara mendapatkan uang atau bisnis online lainnya yang bisa ibu lakukan dari rumah adalah menjadi pengisi survei secara online, seperti yang kami singgung diatas, pada saat ini data dan pengalaman adalah informasi yang sangat berharga.

Dengan menjadi pengisi survei online ibu bisa mendapatkan uang, meski jumlahnya sangat tegantung platform tempat ibu mendaftar, namun menjadi pengisi survei adalah pekerjaan yang tergolong mudah dan bisa dilakukan siapa saja.

Hal yang perlu ibu perhatikan adalah jumlah bayaran dan waktu yang dibutuhkan untuk mrnyelesaikan sebuah survei, pastikan ibu tidak menghabiskan waktu terlalu lama untuk mengisi survei yang bayarannya sangat kecil. Pastikan juga platform tempat ibu bergabung adalah platform survei yang terbukti membayar.

5. Menjadi Youtuber

Tidak hanya remaja dan anak muda, platform Youtube dunia dan Indonesia hingga saat ini berisi konten yang sangat beragam, salah satu konten yang bisa dibuat dengan mudah adalah konten vlog atau video logger.

Jika ibu memiliki bakat tertentu ibu bisa mulai membuat konten dan mengunggahnya di Youtube, jika jumlah subsriber ibu sudah 1000 orang dan jam tayangnya sudah 4000 jam, ibu bisa mulai mendaftarkan Google Adsense untuk kemudian mendapatkan uang.

Agar pengajuan ibu diterima, usahakan untuk selalu membuat konten yang original, tidak perlu memiliki kualitas gambar yang bagus, yang penting isinya bermanfaat dan dicari banyak orang, misalnya tutorial memasak atau make up.

Atau jika ibu terlalu sibuk dengan aktifitas harian dirumah, ibu bisa mengabadikannya kedalam sebuah vlog, melakukan sedikit pengeditan agar terlihat makin menarik, kemudian mengunggahnya dengan rutin di Youtube, nanti ibu akan mendapatkan pengunjung seiring berjalannya waktu.

Sama seperti bisnis pada umumnya, bisnis online pasti ada masa naik dan turunnya, ada orang baik yang suka membantu, ada juga yang berniat menipu, pelajarilah lebih lanjut sebelum terjun menjadi seorang pebisnis secara online.

Demikianlah 5 bisnis online yang bisa ibu lakukan dari rumah, ada yang membutuhkan modal awal, namun ada juga yang tidak membutuhkan modal sama sekali. Ibu bisa memilih satu diawal atau mencoba kelima bisnis online diatas dan menemukan satu yang cocok, hal yang terpenting adalah konsistensi.
Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama